This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 10 Januari 2013

Modifikasi Terbaru Honda Jazz “Future Honda” ala Signal Kustom

Salah satu finalis yang berhasil lolos untuk mengikuti babak seleksi di ajang Honda Jazz Tuning Contest VIII yang berlangsung di Central Park adalah rumah modifikasi asal Bandung – Signal Kustom. Hadir dengan sebuah gebrakan mempesona dengan sebuah Honda Jazz  yang telah dimodifikasi total dan lama pengerjaannya memakan waktu hampir sekitar 1 tahun. Sangat jelas bahwa proyek yang dilakukan oleh Signal Kustom kali ini bukanlah main-main.

Mobil yang diusung oleh Signal Kustom ini akan berhadapan dengan 24 mobil modifikasi lainnya yang tidak kalah keren. Jadi agar bisa menyaingi rivalnya tersebut Signal Kustom mengusung konsep ”Future Honda” dengan harapan agar mobil ini dapat dirombak habis dengan kreatifitas yang ada tanpa perlu memikirkan batasan-batasan yang biasanya selalu ada pada mobil modifikasi berkonsep racing atau elegan.

Bisa dikatakan bahwa konsep yang diusung pada Honda Jazz platform GE-8 ini adalah satu tematik khusus yang diterapkan dengan sentuhan futuristis serta eksotis yang dituangkan dalam satu semangat  New Honda Jazz ‘Raising The Bar, again’.

Guna memperkuat konsep yang telah ditentukan, sejumlah ubahan meliputi sektor eksterior, interior hingga mesin dilakukan, disamping itu pula Signal Kustom mengandeng beberapa sponsor seperti Pioneer, AlterPro, Autovision, Automobile Bandung, Meguairs, Checkpoint dan Wollsdrof Leather & Edelweiss Syn Leather.

EKSTERIOR

Modifikasi-Jazz-Future-Honda-ala-Signal-Kustom

Ubahan pertama merujuk ke sektor eksterior, debalut dengan warna biru cukup sulit sepertinya untuk menemukan wujud asli Honda Jazz. Namun yang paling ekstrem dilakukan oleh Signal Kustom, ‘hanya’ pada pemotongan atap (choptop) sebanyak 25 cm agar serasi sebagai sebuah kendaraan yang telah disulap menjadi hatchback dua pintu.

Pada bagian body, seperti biasa Signal Kustom tidak mau menggunakan tehnik cutting sticker untuk menghias eksterior kreasi modifikasinya. mereka lebih memilih tehnik air brush yang penggarapannya diserahkan kepada Tomi Airbrush. Warna Jazz ini untuk pengerjaannya membutuh waktu 6 sampai 7 bulan lamanya mulai dari proses design hingga tahap pengecatan dan finishing. Pengecatan dilakukan dengan menggunakan teknik graphic dengan free hand, untuk menyesuaikan tema Futuristic maka diaplikasikan warna dasar silver lalu dipadu dengan Candy blue ditambah permainan teknik gradasi, teknik graphic layer demi layer untuk mendapatkan effect 3d pada bagian electro, serta sentuhan 3d free hand pada setiap detailnya dilabur dengan multilayer Sikkens High Solid sebanyak 12layer lapisan pada dua kali tahap pemanasan untuk effect super wet. Untuk finishing-nya setelah proses pengecatan selesai, tugas untuk membuat kendaraan lebih berkilau diberikan kepada Checkpoint Meguiars.

Pada sektor lampu bagian luar memang sengaja digarap khusus dengan megaplikasikan bagian headlamp All New Honda Jazz serta guna menunjang detail maka finishing pada bagian dalam reflector menggunakan carbon fiber, Projector Autovision bixenon double angel eyes terbaru digunakan dan terbukti cukup ampuh mendongkrak tampilan headlights Honda Jazz modifikasi ini, Autovision pun menambahkan beberapa fitur pendukung keselamatan berkendara, diantara DRL yang dipesan khusus untuk mobil ini, serta amber sein coluring.

Tak ketinggalan pemasangan aksesoris dibagian luar seperti futuristic carbon side mirror, carbon antenna, custom hood, ductail, carbon trunk, keyless immobilizer with wifi access, metal stainless, silver gun mettalic,  FH lemblem, serta carbon garnish, titanium muffler bertujuan untuk menegaskan serta penguatan karakter Futuristic Exotic.

Lihat juga fitur wifi access untuk membuka pintu via Ipad/Iphone serta system locking pintu via gadget merupakan sector pendukung keamanan dan fungsi tambahan dari mobil ini. Projector underlogo merupakan salah satu fitur estetika tambahan pada bagian eksterior dimana apabila pintu dibuka maka akan muncul logo tertentu pada bagian lantai dimana pintu tersebut dibuka. Brakes Logo mirror merupakan fitur tambahan yang juga berfungsi sebagai saran promosi karena dapat menampilkan suatu tulisan tertentu yang dapat dilihat ketika kita menginjak pedal rem maupun menarik rem tangan, sehingga driver yang persis di belakang kendaraan dapat melihat tulisan yang ingin kita sampaikan pada jalan di depannya.

Di sektor kaki-kakinya mobil ini menggunakan pelek Work S1R 18×9,5 ET 11 dan Work S1R ET-10 yang dipasok oleh Alterpro dan JAP Wheel. Pelek S1R model dan type ini merupakan pelek debut yang pertama kali dipasang dan digunakan di Indonesia. Coil Over Tein Super Street damper diaplikasikan pada keempat roda untuk menunjang kinerja optimal pada keempat sisi kaki-kaki dan menghasilkan manuver sempurna pada berbagai medan putaran.

Undercarriage juga tidak luput dari sentuhan estetika, pada bagian kolong tersebut seluruh bagian dalam spakbor dicat menggunakan candy tone biru, serta aplikasi red carbon Kevlar pada bagian undertank mobil tersebut untuk melindungi bagian tanki mobil.

Modifikasi-Jazz-futuristik-signal-kustom

INTERIOR

Masuk ke dalam kabin kita dapat melihat bahwa bagian ini digarap dengan fokus pada tema serta kualitas pengerjaan terbaik. Modifikasi pada bagian pillar A,B,C, bagian plafon, door panel, dan beberapa panel lainnya dibuat menyesuaikan konversi pada atap dan pintu. Untuk melapisi interiornya Signal Kustom menggunakan produk kulit jenis Nappa dari Austria berlabel Wollsdorf yang biasa digunakan untuk pelapis interior mobil sekelas Bentley, Aston Martin, hingga Ferrari, serta pelapis kulit sintetis Edelweiss.Khusus untuk mengurus bagian interior ini pihak Signal mendapat bantuan dari tim yang ditugaskan oleh Alterpro selaku sponsor.

Tema futuristik juga diperkuat oleh sistem pencahayaan yang menawan. Kalau untuk urusan yang satu ini seluruhnya ditangani oleh tim Autovision lewat produk utama lampu double angel eyes HID projector dan beberapa produk unggulan berteknologi LED yang dikemas secara rapi tanpa memberikan kesan norak atau berlebihan.

Interior-Honda-Jazz-Signal-Kustom

Memang harus diakui bahwa modifikasi Honda Jazz karya Signal Kustom dijejali oleh segudang gadget berteknologi IT terkini untuk semakin memperkuat kesan futuristiknya. Di dalamnya terdapat teknolgi wireless gabungan dari beberapa gadget yang sifatnya membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, lebih cepat dan efisien dengan bantuan teknologi seperti:

- I-Teleport untuk menarik data, manambah data bahkan membuat print out data di mobil dari data di komputer yang ada di rumah maupun kantor.

- Nirkabel Portable A4 Printer, merupakan printer portabel berbasis Bluetooth.

- Zero Ink Foto Printer, merupakan teknologi printer mini tanpa tinta

- I-Faximile untuk melakukan pengiriman data fax apabila diperlukan di dalam mobil.

- Solar panel Charger, charger bertenaga surya sebagai sumber daya pada IT Mobile Station.

Di sisi audio, Signal Kustom kembali menggaet Pioneer. Karakter dan teknologi produknya dianggap sangat sesuai dengan tema futuristis melalui Head Unit Head Unit AVH-8450BT karena memiliki fitur high tech seperti : Virtual Dashboard, Radio Sattelite, Internet Browser, GPS via Google Map, Organizer Virtual dan MIXTRAX yang dikoneksikan dari aplikasi APP RADIO.

DAPUR PACU

Jangan kaget kalau anda mengintip kebalk kap mesin mobil ini. Lewat tangan dingin Erwin Abban yang melakukan blueprint plus kepiawaian Mantap Engine Tuner, mesin yang awalnya hanya bisa memasok daya di kisaran 120 hp, kini bisa menembus angka 181,1 hp yang diukur dari roda. Bukan sekedar teori, angka ini diketahui setelah dilakukan dyno test di KS Nusa. Bahkan menurut Ovi selaku dyno operator di KS Nusa, ini adalah angka dyno tertinggi yang pernah dibuat Honda Jazz matic.

Hal tersebut didapat berkat penambahan perangkat forced induction berupa turbocharger lansiran HKS yang dikontrol oleh Haltech boost controller yang mengatur hembusan turbo pada tekanan 1 bar plus pendingin aliran udara intercooler. Tidak ketinggalan untuk mengimbangi tenaganya maka perangkat pengendali dan penahan laju kendaraan diserahkan pada produk rem AP Racing.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah : Habis berapa duit tuh om? Dengan total 40 orang yang terlibat dalam pengerjaan mobil ini tim Signal Kustom menyatakan bahwa meraka harus menghabiskan dana sebesar Rp. 600 juta diluar harga mobil. Artinya jika harga New Jazz RS A/T di pasar senilai Rp. 225 juta, maka harga mobil itu mencapai Rp. 825 juta.

Tips Membeli Motor Matic Second

Motor Matic 2nd Dunia otomotif saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, lihat saja hampir disetiap pelosok desa apalagi di kota-kota besar banyak kita temui sepeda motor berseliweran.
Diantara jenis-jenis sepeda motor yang beredar saat ini telah banyak yang menerapkan teknologi mesin dengan persneling otomatis (matic), artinya kita tidak perlu memindahkan gigi 1 – 2 dan seterusnya sebagaimana sistem persneling manual. Dengan motor matic anda hanya perlu mengontrol tuas gas dan rem saja, sehingga memudahkan anda dan mengurangi rasa capek bila lalu lintas dalam keadaan macet.
Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, tetapi menginginkan sebuah motor matic, berikut disampaikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membeli sepeda motor matic second, agar tidak menyesal dikemudian hari. Berikut tipsnya :

    Periksa kelengkapan surat-surat kendaraan, STNK dan BPKB harus asli, untuk wilayah Polda Metro Jaya jika Anda ragu dapat mengirimkan SMS ke Polda Metro Jaya dengan format METRO <spasi> PlatNomorKendaraan, contoh METRO B4321AZ lalu kirim ke 1717 maka anda akan mendapat informasi yang jelas mengenai sepeda motor tersebut.
    Periksa kondisi fisik motor matic yang ingin anda beli dimulai dari body sampai mesin. Kalau anda kurang mengerti mesin, sebaiknya minta pendapat teman atau mekanik yang mengerti mesin agar tidak tertipu oleh penjual.
    Pilih motor matic sesuai fungsi dan kebutuhan, apabila hanya digunakan untuk jarak dekat cukup menggunakan motor matic dengan kapasitas mesin yang kecil, disamping irit bahan bakar juga lebih ringan untuk dikendarai. Tapi seandainya anda butuh motor matic dengan akselerasi yang lebih cepat anda bisa memilih cc yang lebih besar, tapi dengan konsekuensi bahan bakar lebih boros.
    Pilihlah warna dan desain motor matic yang anda sukai, agar anda lebih mencintai motor matic anda dan membuat anda nyaman saat mengendarinya.
    Apabila anda ditawarkan sepeda motor dengan harga dibawah standar pasaran jangan buru-buru tergiur, periksa kembali langkah-langkah awal STNK, BPKB, kondisi mesin dan lain-lain. Karena biasanya harga yang dibawah pasaran terdapat masalah baik pada fisik sepeda mootor maupun pada kelengkapan surat-suratnya.
    Belilah motor matic second dari orang/pedagang yang anda kenal baik, sehingga jika terjadi masalah anda tidak bingung harus menghubungi siapa.

Meskipun motor matic second, selama kita jeli dalam memilih dan memperhatikan beberapa hal diatas sebelum membeli pasti tidak akan mengecewakan. Semoga bermanfaat, dan selamat ber-matic-ria.

3 Cara Mudah Membuat Knalpot Free Flow Bersuara Halus

Penggunaan knalpot free flow alias knalpot plong merupakan satu di antara cara untuk meningkatkan tenaga sepeda motor selain mengoprek mesin. Hanya, efek yang ditimbulkannya membuat orang lain tidak nyaman.

Pasalnya suara yang dihasilkan knalpot itu menggelegar dan memekakkan telinga. Bahkan, sejatinya pemerintah telah melarang penggunaan knalpot jenis itu.

Melalui Pasal 58 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, pemerintah melarang penggunaan perlengkapan kendaraan – khususnya sepeda motor- yang mengganggu dan membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya. Perlengkapan yang dimaksud, tentu juga termasuk knalpot.

Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan knalpot free flow namun suaranya tidak berisik? Sebenarnya cukup gampang. Ada tiga cara yang bisa dilakukan yaitu mulai dari bobok knalpot, ganti leher, dan pemasangan tutup di moncong knalpot yang tepat dan baik.
Lantas bagaimana urutan pengerjaan knalpot tersebut? Berikut tips dari saya:
1. Hilangkan sekat dengan cermat

Langkah pertama adalah menghilangkan sekat saringan di dalam silencer atau biasa disebut membobok silencer dengan membelah bagian tersebut. Tujuannya agar aliran gas sisa hasil pembakaran bahan bakar.

Namun, satu hal yang perlu diingat silencer yang dibelah dan sekatnya diambil harus dikembalikan seperti kondisi semula dengan cermat.

2. Ganti leher knalpot

Setelah membuang sekat-sekat di dalam silencer, langkah selanjutnya adalah mengganti leher knalpot dengan pipa leher yang berdiameter lebih besar.

Pipa leher jenis pertama yaitu yang berada dan terhubung dengan blok mesin dipilih pipa dengan diameter yang lebih besar dibanding leher standar bawaan dari pabrik. Pipa jenis kedua adalah yang terhubung dengan silencer digunakan pipa yang lebih besar ketimbang pipa yang tersambung ke mesin.

3. Gunakan tutup moncong knalpot

Langkah selanjutnya adalah membuat tutup di bagian moncong knalpot. Namun, yang perlu diingat tutup tersebut tidak tertutup rapat tetapi masih menyisakan lubang di bagian tengahnya.

Umumnya para modifikator knalpot membuat tutup tersebut dengan berbagai variasi bentuk. Ada yang mirip seperti wajan dan di tengahnya berlubang. Namun, tidak sedikit di antara mereka yang membuat tutup tersebut berupa susunan pipa dengan ukuran diameter yang berbeda.

Berkat gubahan tersebut, Ucup mengklaim suara yang keluar dari knalpot free flow itu tidak menggelegar bak petir yang memekakkan telinga tetapi lebih ngebas.

Besarannya bervariasi tergantung jenis dan ukuran pipa yang digunakan. Namun, standar rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar Rp 300 – 400 ribu.

Semoga bermanfaat…

Rabu, 09 Januari 2013

Cara Memilih Motor Antik

Memilih motor antik ternyata bukan sebuah perkara yang mudah bagi mereka yang masih awal dalam dunia motor antik. Sebab, pada dasarnya dunia otomotif, baik itu roda empat ataupun roda dua, memang merupakan sebuah dunia yang selalu bergerak maju dengan inovasi tiada henti seiring dengan perkembangan zaman. Inovasi-inovasi yang dilakukan dalam dunia otomotif pastinya selalu mengarah ke arah yang lebih baik, entah itu dalam bidang performa ataupun dalam bidang emisi gas buang. Namun, hal itu tidak membuat segelintir orang puas dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para produsen otomotif, khususnya produsen kendaraan beroda dua. Tidak sedikit orang di luar sana yang masih mendambakan atau bahkan bangga memakai motor antik. Sebab, memang dari waktu ke waktu selalu muncul produk motor yang bisa dianggap sebagai “mahakarya” pada zaman tersebut sehingga membuat motor tersebut tetap diminati bahkan untuk beberapa puluh tahun ke depan.

Nah, jika anda adalah seseorang yang mulai menggemari dan melirik motor antik untuk dipinang, maka ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips memilih motor antik di bawah ini. Berikut adalah tips-tips dalam memilih motor antik:

1. Pilihlah motor antik dengan merk dan jenis yang sudah terbukti handal dan tidak ribet dalam perawatan serta ketersediaan spare part atau suku cadang.

2. Pilihlah motor antik yang sesuai dengan selera, jiwa, dan postur tubuh anda.

3. Pilihlah motor antik yang memiliki catatan sejarah yang jelas (bukan barang curian, pernah kecelakaan atau tidak, dan lain sebagainya).

4. Sebisa mungkin pilihlah motor antik yang memiliki kondisi full orisinil.

5. Memilih motor antik yang sudah dimodifikasi (baik itu bagian mesin, rangka, ataupun bodi) boleh-boleh saja asal masih sealiran dengan selera anda.

6. Sebisa mungkin pilihlah motor antik yang memiliki surat-surat lengkap (BPKB dan STNK) agar tidak timbul masalah saat sedang ada razia.

7. Sesuaikan dengan budget yang anda miliki, karena pastinya tidak akan ada badan perkreditan yang mau memberikan pinjaman dengan jaminan motor antik, apalagi yang tanpa surat-surat.

Itu saja tips-tips dari kami, semoga anda berhasil dalam memilih motor antik.

Selasa, 08 Januari 2013

tips memilih bahan bakar yang pas untuk ketahanan mesin kendaraan

Anda harus melihat dulu informasi rasio kompresi (Compression Ratio/CR) kendaraan Anda. Angka CR ini bisa dilihat di buku manual ataupun situs resmi mobil/motor Anda. CR merupakan hasil perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja.

Nah jika ingin tahu BBM yang direkomendasikan lihat saja uraian di bawah ini:

-Premium (oktan 88) -> rasio kompresi 7:1 sampai 9:1

-Pertamax (oktan 92) -> rasio kompresi 9:1 sampai 10:1

-Pertamax Plus (oktan 95) -> rasio kompresi 10:1 sampai 11:1

Contohnya Honda Jazz yang memiliki rasio kompresi 10.1:1 tentunya cocoknya menggunakan bahan bakar Pertamax Plus. Contoh lain kalau mobilnya Suzuki Karimun yang memiliki CR 8.8:1 maka bahan bakar cukup premium saja. Atau kalau motornya Honda MegaPro yang memiliki rasio kompresi 9:1 maka bisa menggunakan premium saja. Sementara Suzuki Smash yang kompresinya 9.5:1 harusnya menggunakan Pertamax.

Bagaimana jika diisi bensin dengan Oktan lebih rendah?

Menilik angka CR memang perlu. Soalnya bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya mesin membutuhkan BBM dengan nilai oktan tinggi.

Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi). Nah yang akan menjadi masalah adalah ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar. Inilah yang disebut ngelitik.

Menurut Saftari, bagaimana kejamnya ngelitik bagi mesin ini bisa digambarkan ibarat telapak tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku. Ngelitik ini perlahan tapi pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.

Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?

Bensin dengan oktan tinggi seperti Pertamax, Pertamax plus dan lainnya umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih dan sebagainya, namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih bertenaga.

Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.

Nah jadi biar gampang, sebaiknya lihat saja dulu angka CR motor/mobil sebelum menentukan BBM yang digunakan.

Tips Mengendarai Untuk Mobil Matic Bagi Pemula

Jika anda baru membeli mobil matic dan tidak tahu atau belum mengenal tipe mobil seperti ini maka ada baiknya anda baca tips di bawah ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama masa pemakaian.

Sebelum memakai mobil matic anda perlu tahu tentang bahan bakar yang dianjurkan untuk mobil jenis ini karena beberapa mobil keluaran terbaru seperti mobil Toyota Yaris telah menggunakan catalitic conventer (perangkat emisi tambahan). Untuk itu anda perlu menggunakan bahan bakar yang beroktan di atas 91 dan tanpa timbal, anda hanya akan mendapatkan jenis tersebut jika anda menggunakan pertamax atau pertamax plus. Selanjutnya anda bisa baca tips dibawah ini untuk masalah mengemudi.

1. Pahami pengunaan mobil matic

Bagi pengemudi pemula sangat penting untuk memahami sistem dari mobil matic ini supaya tidak salah dalam hal mengemudi, terutama urutan serta posisi dari tuas transmisinya. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam mengoprasikannya, cobalah untuk menghapal sampai diluar pikiran.

2. Jauhkan kaki kiri dengan pedal rem.

Hal ini bertujuan untuk menghindari gerakan spontan menginjak rem oleh kaki kiri kita saat rpm mobil sedang naik. Kejadian ini biasanya terjadi pada pengemudi yang terbiasa dengan jenis transmisi manual dan baru saja pindah ke mobil transmisi otomatis karena terbiasa menekan pedal kopling dengan kaki kiri sedangkan pada mobil matic hanya ada pedal rem dan gas.

3. Injak rem terlebih dahulu

Penting untuk diingat bahwa jika anda ingin memindahkan posisi tuas transmisi ke “D” maka anda harus membiasakan diri anda untuk menginjak rem terlebih dahulu. Ini berguna supaya mobil anda tidak melaju sendiri.

4. Pindahkan tuas transmisi ke posisi netral saat jalanan macet.

Pindahkan tuas transmisi pada posisi netral saat terjebak kemacetan atau berhenti di lampu merah dengan waktu berhenti kurang lebih 10-20 detik. Tentu anda tidak asing dengan hal ini karena anda mungkin sering melakukannya saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

5. Pindahkan tuas transmisi pada posisi L atau 2 saat di jalan penuh tanjakan

Jika anda mengemudi mobil matic di jalan yang penuh dengan tanjakan maka anda perlu memindahkan posisi tuas transmisi ke posisi L atau 2. L adalah Low yang berarti sama dengan gigi pertama sementara 2 sama dengan gigi ke-2.

Dua gigi transmisi akan bermindah antara gigi kesatu dan kedua secara otomastis saat anda mengambil pilihan tersebut. Anda juga bisa menggunakan fitur in sebagai engine brake untuk mengurangi kecepatan pada saat mobil melaju kencang atau pada saat jalanan turun.

6. Throttle sensor

Throttle sensor adalah fitur khusus yang akan mendeteksi seberapa besar injakan anda pada pedal gas. Maka dari itu anda perlu mengetahui bahwa injakan kaki anda pada pedal gas sangat mempengaruhi perpindahan gigi mobil, tentu sesuai dengan rpm mesin mobilnya.

7. Pahami fungsi dari tombol hold

Biasanya beberapa mobil matik mempunyai tombol kecil yang bertuliskan bold dan jika tombol itu di tekan maka akan muncul tulisan O/D berwarna kuning pada layar speedometer. Tombol tersebut berguna untuk penguncian posisi gigi dan akan mengunci gigi di posisi 2 dan 3. Maka dari itu anda dapat menggunakan tombol ini pada saat posisi tuas sedang berada di “D”. Fitur ini dapat membantu kendaraan untuk hemat BBM saat pemakaian di dalam kota.

Tips Hemat BBM Saat Berkendara Mobil

Antara lain sebagai berikut :

1. Berkendaralah dengan sopan santun dan tertib berlalulintas

Inilah dasar dari segala dasar berkendara. Mengemudi dengan ugal-ugalan, kasar, menghentak, dengan percepatan mendadak, bukan hanya memboroskan bahan bakar, melainkan juga menghabiskan karet ban mobil, serta memperpendek umur kendaraan itu sendiri. Dasarnya adalah, berkendara dengan optimal membuat hatipun tenang dan senang.

Perhitungkanlah tempat tujuan kita pergi, jam berapa harus tiba disana, dan berapa menit kita harus berkendara, pastikan yang paling utama adalah Safety-drive.

2. Hindarilah kemacetan dan jam-jam macet

Jalan yang macet serta antrian yang panjang terutama pada lampu merah membuat kendaraan sering berhenti - jalan – berhenti (stop & go) saat menunggu giliran lampu hijau. Ini mengakibatkan borosnya konsumsi bahan bakar.

Oleh karena itu, perkirakan dengan cermat jalan mana yang ada kemacetan serta hindari jalan yang berpotensi macet pada jam-jam tertentu.

Pada saat jalan macet, kecepatan kendaraan turun drastis dari normal 40 Km/jam menjadi 20 Km/jam. Apabila keadaan ini terjadi pada mobil yang sama, berjalan pada jalan yang sama namun pada saat jalan tersebut tidak macet, maka biaya pemborosan bahan bakar mobil tersebut akan bisa naik hingga 30 persen.

Oleh karena itu, pastikan anda menentukan tempat tujuan dengan memeriksa kondisi jalan melalui Car-Navigasi (GPS) ataupun peta untuk rute yang akan ditempuh. Karena bisa disimpulkan bahwa, waktu anda akan bisa saja terbuang sekitar satu jam saat kehilangan arah (nyasar) serta sekitar 10 menit waktu percuma untuk berputar-putar mencari tempat parkir, hal ini akan memperburuk konsumsi bahan bakar sekitar 13 persen.

3. Menekan pedal gas secara perlahan

Ada beberapa pengemudi yang sering menekan lalu melepas gas (mengayun-ayun) padahal mobil sedang berjalan dengan kecepatan konstan. Cara mengayun seperti ini membuat hanyalah kinerja pedal gas menjadi percuma yang sia-sia, akselerasi serta deselerasinya hanya akan memperboros konsumsi bahan bakar kendaraan.

Harap dipertahankan injakan pedal gas pada saat kecepatan kendaraan konstan.

4. Akselerasi dengan tidak terlalu tinggi menaikkan putaran mesin (rpm)

Ada dua cara mempercepat kendaraan yaitu dengan menekan pedal gas 1/5 saja (dinamakan: percepatan santai). Dan satu cara lainnya adalah dengan menekan pedal gas sebesar 1/3 nya (dinamakan: percepatan bergegas).

Pada MIRAGE dianjurkan untuk melakukan percepatan santai, karena akselerasi jenis ini akan menghemat bahan bakar. Serta atur putaran engine sekitar 1.500 rpm saja, usahakan jangan sampai putaran engine melebihi dari 2.000 rpm untuk percepatan mobil.

5. Jaga jarak aman dengan kendaraan didepannya

Apabila jarak dengan kendaraan di depan anda terlalu dekat, anda harus menyesuaikan diri dengan kondisi mobil tersebut, dimana bila dia mengerem kitapun ikut mengerem. Apabila dia mempercepat kitapun ikut mempercepat. Hal-hal seperti ini mempengaruhi borosnya pemakaian bahan bakar. Apabila jarak dengan mobil depan cukup jauh, mobil kita menjadi bebas berjalan sesuai dengan kehendak kita tanpa dipengaruhi oleh pergerakan mobil depan. Pandangan pun bebas, serta mudah memperhitungkan manuver mobil. Alhasil, kita tidak terjebak melakukan percepatan-percepatan yang tidak diperlukan.

6. Gunakan teknik Engine Brake

Mobil-mobil jaman sekarang kebanyakan sudah dilengkapi dengan system pompa injeksi (jet/nozzle) bahan bakar. Dimana sistem akan menghentikan suplai bahan bakar pada saat dilakukan engine brake, jadi hal ini benar-benar sangat bermanfaat dalam penghematan bahan bakar. Metode penghentian bahan bakar pada saat engine brake berbeda-beda setiap merk mobil lain.

Pada umumnya saat putaran engine 1200~1500 rpm, lalu anda melepaskan pijakan pada pedal gas maka bahan bakar akan terhenti. Namun pada saat rpm mencapai kurang dari 1200, bahan bakar kembali di injeksikan untuk mensuplai kebutuhan sesuai putaran idling engine saja.

Pada saat anda memperlambat kendaraan atau saat mobil melewati turunan, dimana pada transmission terjadi penurunan ke gigi rendah (shift-down), putaran engine akan tetap pada kisaran 1200~1500 rpm, namun bahan bakar tidak disuplai untuk jangka waktu yang lebih lama.

Senin, 07 Januari 2013

Tips Merawat motor 2 tak

Merawat sepeda motor bisa dibilang gampang-gampang susah, perlu ketelatenan dan keseriusan untuk merawat sepeda motor. Sebenarnya merawat motor tidak rumit dan semahal yang dibayangkan sebagian orang. Pemeliharaan dan service rutin sudah tentu dibutuhkan. Buat para bikers penunggang 4 tak yang ingin motornya selalu tampil prima, ada beberapa jenis perawatan rutin yang dapat kita kerjakan sendiri dirumah. Selain hemat, juga nggak mesti sering-sering mampir kebengkel.

Apalagi jika motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! Padahal, biasanya kondisi itu terjadi akibat kita juga yang kurang merawat motor. Untuk menangani motor yang sering rewel ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut adalah 13 tips merawat sepeda motor 2 tak :

Cara Merawat Sepeda Motor 2 Tak

Sepeda motor bermesin 2 tak memang dikenal dengan akselerasi serta tenaga yang boleh dibilang dahsyat dengan kelas sejenisnya, contoh saja jenis RX-King, F1ZR, Satria, Kawasaki Ninja dan beragam merek dan jenis lainnya.

Namun keberadaan jenis sepeda motor tersebut akhir-akhir ini sedikit berkurang jika dibandingkan dengan jenis sebaliknya yaitu motor 4 tak. Salahsatu alasannya barangkali karena jenis motor 2 tak kurang ramah lingkungan akibat asap pembakaran yang dikeluarkannya. Maklum saja jenis motor ini menggunakan tambahan campuran bahan bakar yang berupa campuran yang biasa disebut dengan oli samping yang menyebabkan keluarnya asap dari pembuangan knalpot.

Bagi para penggemar dan hobies tentu saja hal tersebut bukanlah suatu masalah yang berarti, konsumsi BBM yang relatif boros serta biaya tambahan pembelian oli samping bukanlah suatu alasan untuk merasakan kenikmatan akselerasi dalam berkendara.

Untuk itu kali ini akan diberikan beberapa Tips Cara Merawat Sepeda Motor 2 Tak milik sobat tetap dalam kondisi fit dan sehat:

1. Oli Samping
Selain menggunakan pelumas guna melancarkan kinerja gigi-gigi pada komponenya, motor 2 tak menggunakan tambahan pelumasan lainnya berupa oli samping guna melumasi bagian piston, setang seher, serta laher bearing as krug. Pastikan kondisi oli samping jangan sampai kering atau kosong. Atur volumenya dengan takaran yg sesuai yaitu tidak terlalu irit dan tidak pula terlalu boros (terlalu irit = Overheat/kepanasan, Terlalu boros = motor mbrebet dan asap ngepul). didalam hal oli samping di motor 2 tak boleh dibilang merupakan hal yang wajib dan mutlak diperlukan.

2. Karburator
Melakukan servis rutin pada komponen ini, terutama ketika sering digunakan pada kondisi kotor dan berdebu.

3. Blok dan Head
Melakukan pembersihan rutin pada komponen ini, dari sisa kotoran atau kerak hasil pembakaran. Harus diingat bahwa pada bagian ini banyak terdapat sisa kerak hasil pembakaran oli samping dan minyak jadi kondisinya harus tetap bersih.

4. Aki/Accu
Memeriksa kondisi air aki (akibasah) dan pastikan dalam keadaan berfungsi menyuplai arus listrik yang baik, terutama yang menggunakan sistim kelistrikan cdi tipe DC.

Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Jangan biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.

5. Radiator.
Pada jenis motor 2 tak yang menggunakan Radiator/pendingin air seperti Kawasaki Ninja, pastikan kondisi dan volume air raditor dalam keadaan cukup Guna menghindari kelebihan panas.

6. Pemanasan.
Biasakan melakukan pemanasan pada kendaraan sebelum digunakan, apalagi setelah tidak digunakan lebih dari 6 jam, atau pada suhu ekstrim seperti pada waktu pagi hari. Hal ini dimaksudkan guna memberikan pelumasan terlebih dahulu pada komponen yang akan bergerak nantinya.

7. Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

8. Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

9. Periksa Kabel Koil dan Busi


Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

10. Perhatikan Selang Bensin

Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

11. Panaskan Mesin paling lama 2 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

12. Periksa tekanan angin ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

13. Gunakan Selalu Sparepart Asli

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Tips Merawat Motor Matik Injeksi Yang Benar

Era sepeda motor di masa datang akan mengarah ke teknologi injeksi. Buktinya sampai saat ini masing-masing pabrikan sepeda motor yang ada di Indonesia sudah mulai meluncurkan berbagai model motor injeksi.

Bahkan ada pabrikan yang menargetkan sampai 2014 seluruh motor terbaru yang akan diluncurkan sudah mengusung era teknologi injeksi.

Nah buat Otomodiver yang sudah mempunyai motor injeksi pastinya ingin motornya terutama motor matik injeksinya selalu dalam kondisi prima. Kali ini detikOto mencoba memberikan tips merawat motor matik injeksi bagi Otomodiver:

1. Hal yang harus selalu dilakukan yakni, sebelum Anda pergi menggunakan motor matik injeksi, ada baiknya Anda memanaskan mesinnya terlebih dulu dengan cara menghidupkan mesin 1 sampai 5 menit.

Cara Itu dilakukan agar pembakaran motor matik injeksi Anda akan menjadi lebih sempurna

2. Saat mengendarai motor matik injeksi, ada baiknya Anda tidak menggebernya terlalu cepat atau melajukan dengan cara melepas selongsongan gas dengan cepat atau lambat. Ini biasanya akan memperpendek usia mesin motor matik injeksi Anda.

3. Rajinlah mengganti oli transmisi matik secara rutin. Karena dengan demikian dapat memberikan solusi untuk pada mesin ataupun komponen-komponen lainnya.

Perlu diusahakan mengganti oli secara terartur atau setiap 5.000 km dan oli mesin setiap 1.000 km

4.Diwajibkan untuk selalu memeriksa kondisi busi dan aki. Sebab kedua komponen ini merupakan hal yang sangat penting. Apabila sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru dan harus orisinil jika mau awet seperti bawaan pabrik.

5. Ini yang tidak kalah pentingnya, Anda harus selalu memeriksa kondisi vent belt dan roller secara teratur. Karena jika tidak Anda akan merasa tidak nyaman saat berkendara.

6. Motor matik biasanya menggunakan single shockbreaker. Maka tidak ada salahnya jika Anda sering mengganti oli shockbreaker.

Jangan terlalu sering seperti oli mesin. Oli shockbreaker lakukan setiap 10.000 km saja. Kalau engga Anda ganti kalau sudah terdengar suara mendecit

7. Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yakni, Anda harus selalu mengecek tangki bensin. Pastikan tangki bensin tidak pernah kosong, karena motor injeksi dianjurkan agar tidak mengisi bensin dalam keadaan tangki kosong.

Motor injeksi itu tidak boleh kalau tangki bensinnya sampai benar-benar kosong. Usahakan sebelum kosong Anda mengisinya. Kalau kosong kotoran pada tangki bensin akan mudah terserap dan akan memperhampat kerja mesin,dan malah dapat membuat motor cepat rusak atau bahkan mogok.
akan memperhampat kerja mesin,dan malah dapat membuat motor cepat rusak atau bahkan mogok.

TIPS Merawat Mesin Injeksi

MESIN bensin generasi terkini umumnya tak lagi menggunakan karburator untuk mengatur kebutuhan campuran bahan bakar dan udara ke dalam kerongkongan mesin.
Sebagai gantinya digunakan sistem Injeksi (injection) yang lebih moderen, lebih akurat dan lebih mudah perawatannya.

Sistem injeksi, menggunakan komponen yang proses pembuatannya sangat rumit dan presisi.
Misalnya pada bagian nosel yang memiliki lubang dalam ukuran mikron.
Dengan lubang yang tak lebih besar dari penampang rambut, alat ini sangat rentan terhadap penyumbatan yang dampaknya mengganggu kinerja mesin.
Oleh karena itu, menjaga kebersihan saringan bensin merupakan suatu keharusan.
Selain saringan bensin, komponen yang perlu diperhatikan adalah saringan udara.
Komponen ini sangat penting peranannya menjaga udara yang masuk kedalam mesin terbebas dari debu dan kotoran.
Oleh karena itu, harus dijaga kebersihannya agar berfungsi optimal.
Jika Terlalu kotor maka pasokan udara menjadi terhambat sehingga mengganggu kinerja mesin. Selain membuat performa mesin turun, konsumsi bahan bakar pun menjadi bertambah seiring dengan meningkatnya emisi gas buang.

Bersihkanlah saringan udara secara rutin. Jika sekiranya sering melewati kondisi jalan yang sangat berdebu, terlebih pada musim kemarau, sebaiknya lebih sering lagi dibersihkan, bila perlu ganti dengan yang baru jika nampak sudah sulit dibersihkan.

Menjaga kebersihan bagian throttle body juga perlu dilakukan. Harusnya perangkat ini tidak seharusnya kotor jika kondisi filter udara selalu baik. Cara membersihkannya cukup sederhana.
Anda tinggal menyemprotkan cairan pembersih karburator seperti 'carburettor cleaner' atau 'engine conditioner' yang banyak dijual di bengkel dan toko asesoris.
Agar kondisi mesin Anda selalu optimal, lakukanlah penyetelan CO secara rutin. Penyetelan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan proses tune up mesin yang umumnya dilakukan tiap 2-3 bulan sekali.

Pembakaran yang sempurna akan menghasilkan CO yang sangat minim dan dapat dirasakan dengan performa mesin yang optimal dan konsumsi bahan bakar yang rendah. Sebaliknya pembakaran yang kurang sempurna akan menghasilkan CO yang tinggi, performa mesin yang kurang dan boros bahan bakar.
Batas ideal CO biasanya di bawah 1%.

TIPS AGAR MESIN MOTOR BARU TETAP AWET

Memiliki motor keluaran terbaru memang asik, selain tampak kelihatan keren, juga rasa nyaman saat mengendarainya menjadi kebanggan tersendiri. Mesin Motor keluaran sekarang memang sangat berbeda dengan jaman dahulu yang harus melakukan inreyen dulu sebelum di pakai sehari-hari. Mesin Motor sekarang selain mengusung teknologi canggih, juga mempunyai tingkat presisi yang sangat baik, otomatis pemilihan oli pun harus tepat kekentalan, oli SAE10W40 biasaynya di pakai motor yang mempunyai kompresi tinggi   dan oli yang mempunyai SAE 20W50 biasanya di pakai pada motor bebek pada umunya yang mempuyai kompresi stadard.
Ada juga yang mengatakan motor-motor keluaran terbaru sekarang boleh menarik RPM dalam-dalam alias di pakai ngebut, tapi alangkah bijaknya bila kita memperlakukan mesin  yang baru keluar di rakit dari pabrik memperlakukannya dengan sewajarnya, tujuannya tidak lain agar mesin motor awet dan berumur panjang, para mekanik motor menyarankan agar motor baru membatasi kecepatan serta membukan gas secara diurut sebelum service pertama di lakukan, agar posisi komponen yang ada di mesin motor benar-benar presisi. Untuk mendukung garansi mesin 3 tahun yang di janjinkan pabrikan motor, biasanya dilakukan pembatasan RPM, selain agar mesin tetap awet, faktor keselamatan pengendara motor juga menjadi perhatian utama. Mengetahui kondisi mesin lewat warna busi, Hindari sering bongkar pasang karburator

Berikut ada beberapa tips untuk penggunaan motor baru yang baik:


    Nyalakan mesin maksimal 5 menit sebelum di pakai jalan.
    Tarikan gas sebaiknya diulur secara perlahan, jangan dihentak-hentak agar kinerja komponen di dalam mesin tidak kaget, sehingga gesekan yang ditimbulkan tidak terlalu besar, dengan cara ini juga bisa membuat awet rantai mesin.
    Tidak disarankan menggeber motor pada saat motor diam, karena akan menyebabkan mesin cepat panas dan tentunya performa mesin jadi tidak bagus.
    Penggunaan pada saat jalan boleh dengan kecepatan hingga 80km/jam berlaku hingga km 500, setelah itu bisa lebih, tapi tetap utamakan safety riding ya.
    Untuk RPM mesin jangan melebihi 6000 RPM, kalau nggak ada RPM di kira-kira saja asal jangan nge-gerung kenceng aja , berlaku hingga km 500 juga.
    Jangan berkendara dengan beban yang berlebihan yang menyebabkan motor ‘ngeden’.
    Pada kilometer 500, segera ganti Oli rekomendasi pabrikan, hal ini bertujuan untuk membersihkan bekas-bekas serbuk besi yang kemungkinan masih ada di dalam mesin.

Minggu, 06 Januari 2013

Tips Motor Matik Irit dan Lari Kencang

Motor matik saat ini sedang digandrungi masyarakat. Jalanan yang makin macet membuat para rider beralih dari motor bertransmisi manual, seperti motor bebek dan sport, ke transmisi otomatis.

Sayangnya mesin matik masih menuai sejumlah kelemahan, seperti borosnya bahan bakar dan tenaga yang tak cukup besar, sehingga sulit diajak berlari kencang.

Nah,Berkut ini tips agar motor metik irit dan lari kencang.

Pertama, bersihkan kaburator secara rutin, minimal sebulan sekali. Karburator mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, sehingga perlu bersih. Saat karburator kotor akan membuat suplai bahan bakar tersendat.

Kedua, ganti oli mesin motor secara berkala dengan jarak tempuh kurang dari 3.000 km. Dengan mengganti oli, komponen yang saling bergesekan tidak cepat aus yang bisa mengurangi kecepatan. Penggantian oli juga akan  membuat performa mesin tetap bagus dan halus.

Ketiga, gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, seperti Pertamax maupun Shell Super. Dengan oktan tinggi, bahan bakar cepat meletup dan terbakar sempurna. Selain itu oktan tinggi juga tak banyak menimbulkan kerak pada mesin.
Agar konsumsi bahan bakar lebih irit, Heri mengatakan pengendara tidak menghentakkan gas. Putarlah gas seperlunya dan kurangi pengereman.

Setelah motor matik Anda lebih irit, pasti ingin merasakan bagaiamana cara berlarinya? Berikut tips membuat motor matik bisa berlari kencang.

Pertama mengganti roller pada bagian dalam Continuously Variable Transmission (CVT), karena dengan mengganti roller performa tarikan akan lebih bertenaga. Gantilah dengan roller standar, misalkan roller yang digunakan 11 gram, maka Anda ganti menjadi 10 gram.
Roller ini berguna untuk memberikan tekanan keluar pada variator, sehingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak.

Kedua, bersihkan busi, dengan begitu pada sektor pengapian akan lebih sempurna, sehingga pembakaran di ruang mesin menjadi lebih baik karena kualitas percikan busi meningkat.

Ketiga, mengganti fanbelt dengan ukuran yang lebih tebal dan keras, hal tersebut dapat membuat tarikan lebih responsif.

Keempat, mengganti koil, hal ini guna memberikan percikan api yang lebih maksimal pada pengapian.

Kelima, ganti CDI. Meski CDI standar bawaan pabrik sudah baik, ada baiknya diganti dengan merek lain yang lebih mendongkrak performa.

Keenam, kurangi bobot berlebihan, hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat menambah beban saat motor berlari. Sebaliknya gunakan variasi yang lebih ringan seperti velg alumunium.

Cara Merawat Mobil Diesel

Semakin hari mobil yang menggunakan bahan bakar premium makin mahal biaya operasionalnya, apalagi apabila harus menggunakan Pertamax yang harganya lebih mahal lagi. Sehingga pemilik mobil banyak juga yang beralih menggunakan mobil dengan bahan bakar diesel, karena biaya pembelian solar lebih murah. Selain itu biasanya Mobil Diesel yang menggunakan bahan bakar solar akan lebih irit. Akan tetapi saat ini masih terdapat anggapan kalau perawatan Mobil Diesel lebih repot dan lebih mahal daripada mobil dengan bahan bakar premium/pertamax. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi apabila kita mengetahui bagaimana Tips Cara Merawat Mobil Diesel yang benar, maka tidak masalah lagi untuk memiliki Mobil Diesel.
Tips Cara Merawat Mobil Diesel  antara lain :
·     Sering-sering mengecek oli mesin dan kekentalannya
Sistem kerja mesin diesel umumnya lebih berat dibandingkan mesin berbahan bakar premium. Sehingga oli harus selalu dalam kondisi bagus karena harus melumasi bagian-bagian mesin yang bergesekan. Lakukan setiap pagi hari sebelum memanaskan mobil dengan menggunakan alat pengecekan yang ada pada mesin mobil.
·     Mengganti Oli mesin tepat waktu
Penggantian oli mesin diesel harus selalu tepat waktu karena oli bekerja lebih keras daripada oli mesin bensin. Selain itu karena kerja oli mesin diesel lebih keras , maka filter oli juga harus diganti setiap ganti oli mesin.
·     Mengecek dan mengganti filter bahan bakar
Karena bahan bakar solar memiliki kekentalan yang lebih pekat daripada premium dan tangki bahan bakar bisa saja mudah berkerak, sehingga filternya mudah kotor maka sebaiknya harus rajin mengecek dan mengganti filter bahan bakar.
·     Mengecek, membersihkan dan mengganti filter udara
Kerja mesin diesel membutuhkan udara bersih untuk pembakaran. Oleh karena itu bila filter udara kotor dan sudah padat menyebabkan putaran mesin menjadi berat. Sehingga mobil menjadi tidak bertenaga dan bahan bakarnya menjadi boros. Oleh karena itu filter udara harus dibersihkan secara rutin setiap minggu atau sebulan sekali dan apabila dirasa sudah jelek dan sudah tidak mampu menyerap udara lagi sebaiknya lekas diganti.
·     Membeli solar di SPBU yang terjamin Kualitasnya
Solar sebagai bahan bakar mobil diesel sangat penting untuk membelinya di SPBU yang terjamin kualitasnya karena akan mempengaruhi performa mesin juga akan dapat merawat mesin mobil diesel.
·     Mengecek pompa injeksi secara rutin.
Pompa injeksi pada mobil diesel umumnya tidak ada pelumasnya sehingga sangat rentan aus. Oleh karena itu sebaiknya pada saat mengisi solar ditambahkan oli khusus untuk campuran bahan bakar yang berfungsi untuk merawat pompa injeksi.
·     Rutin membersihkan mesin dan body mobil
Setelah perawatan tersebut diatas, tidak kalah pentingnya adalah membersihkan mesin serta body mobil secara rutin. Hal ini dilakukan agar mesin dan body mobil selalu bebas dari debu sehingga kondisinya selalu terawat. Membersihkan mesin dan body mobil sebaiknya dilakukan paling lama seminggu sekali, tetapi apabila kondisi setelah kehujanan sebaiknya langsung dicuci. Pembersihan mesin dan body mobil dapat dilakukan sendiri atau lewat cucian mobil.
Semoga setelah merawat mobil diesel dengan cara diatas mobil diesel kita akan lancer, tidak rewel dan selalu irit.

Tips MEMBONGKAR MESIN 4 TAK

Sedikit tips cara untuk para motoris yang ingin belajar untuk membongkar mesin motor 4 tak, khususnya tipe honda bebek sendiri;

1. siapin alat-alatnya

* kunci-kunci standar seperlunya
* kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
* bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
* bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
* bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
* lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
* balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
* kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
* buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!

2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
* mesin bagian kiri
o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
* mesin bagian atas
o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
* mesin bagian kanan
o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
* mesin bagian tengah
o komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher

3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah

4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda

5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak

6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;

* gasket kit A ( paking top set )
* gasket kit B ( paking full set )
* oil seal selah
* oil seal operan / persnelling
* oil seal gear
* oli mesin 1 liter

7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,


8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri.

9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter.

10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin.

Semoga bemanfaAT.

Berbagai Produk Mobil Hadir di Batam

Kendaraan kini tidak hanya menjadi kebutuhan tapi juga gaya hidup. Posisi Batam sebagai kawasan perdagangan bebas memberi kesempatan luas bagi masyarakatnya untuk memilih kendaraan dari berbagai merek dengan berbagai tipe dan model.  Karenanya, belakangan ini semakin banyak agen resmi merek kendaraan tertentu yang muncul di Batam.

Ketua panitia, Chatrine mengatakan pihaknya mengajak seluruh ATPM (agen tunggal pemegang merek) di Batam untuk turut  serta di acara ini. “Melalui acara ini, kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai dunia otomotif. Sekaligus memberikan informasi tentang produk terbaru merek kendaraan tertentu kepada masyarakat Batam khususnya, dan Kepri umumnya,” katanya.

Puluhan mobil produk terbaru dari merek-merek kendaraan ATPM yang ada di Batam dan Indonesia seperti Toyota, Honda, Chevrolet, Mazda dan lainnya ditampilkan dalam ruangan Exhibition Hall seluas 3000 meter persegi. Tak hanya kendaraan roda empat dan roda dua, dalam pameran ini juga akan dilibatkan produk-produk lain yang berkaitan langsung dengan otomotif. Misalkan aksesoris atau produk spare part.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan kebutuhan mobil di Batam semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Batam yang semamkin baik. “Rata-rata, kebutuhan masyarakat Batam akan mobil adalah untuk bekerja. Namun juga untuk acara keluarga dan hobi otomotif,” paparnya.

Menurut Dahlan, hadirnya kendaraan di Batam memang akan menimbulkan masalah baru, diantaranya kemacetan. Kedepan, jelas Dahlan, Pemko Batam akan membatasi jumlah kendaraan pribadi dan beralih ke alat transportasi publik. “Selain itu, sebelum terlambat, Batam juga akan membangun jalan layang Batuampar-Muka kuning untuk mengatasi masalah kemacetan,” paparnya.

Panitia juga menggelar beragam acara pendukung seperti kontes modifikasi mobil maupun sepeda motor, atraksi Free Style BMX, atraksi Free Style Motor, pemilihan Miss Batam Motor Show, live music, DJ performance, dan acara hiburan lainnya

V-Ixion Modifikasi Jepang

Dalam satu sudut booth yang dimiliki pabrikan motor Yamaha, terlihat sebuah motor sport yang bewarna merah menyala seperti warna putih yang ada pada mobil Fortuner Suv terbaik yang dimiliki Toyota. Banyak yang tidak tahu akan motor apakah itu, motor itu merupakan motor V-ixion terbaru yang sudah menjalani sebuah proses modifikasi.

Modifikasi ini bukan sembarangan, karena modifikator motor ini digarap oleh bukan sembarangan modifikator, Motor ini didesain oleh desainer kelas dunia yang berasal dari Jepang.

Motor V-ixion itu ditayangkan langsung dari Jepang untuk sengaja dipamerkan di ajang Jakarta Motorcycle Show. “Ini motor modifikasi hasil modifikator Jepang. Ini menandakan New V-Ixion, mudah dimodifikasi dengan basic konsep motor balap,” kata PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Indra Dwi Sunda.

Motor tersebut menjadi motor konsep Yamaha pada saat ini, dan tinggal dapatkan pesetujuan dari pihak prinsipal kapan bisa masuk ke dapur produksi. “Memang jadi motor konsep, tapi belum tahu kapan produksinya,” ucap Indra.

Perubahan tidak terjadi pada bagian depan, dan modifikator juga mengubah gaya berkendara dengan menampilkan single Stear. Bentuk bodinya lebih gemuk juga Gambot dengan fairing, ditambah dengan tangki bensin yang tambah gambot. Sedangkan kaki-kakinya menggunakan disc brake depan dan belakang. Swing arm belakang juga menjadi lebih kekar.

Sabtu, 05 Januari 2013

Modif CBR250R Thailand

Honda kali ini akan menghadirkan motor terbaik dari negeri thailand, modifikasi motor CBR250R yang sungguh sangatlah memikat hati. Desain warna sangat terang menarik unik asik ajib. sungguh sangat spektakuler sekali melihat jenis desain modifikasi motor seperti ini.

Modifikasi warna bagus, dari motor Honda Super Modif CBR250R Thailand. sungguh sangat memikat dengan desain fenomenal futuristik sekali. sangat memikat serta juga merupakan jenis modifikasi style motif motor modif yang sangat jagoan serta unik sekali.
Super Modif CBR250R Thailand motor dengan desain fairing standart memikat extreme simple. kuning body warna corak motor motif modifikasi serta knalpot sangat maximal asik hebat handal sekali. sungguh modifikasi motor Honda CBR250R terbaik terbagus.

Honda Thailand Siapkan MSX 125

Pasar Mini Moto sepertinya masih tinggi di Thailand, pasalnya AP Honda Thailand sudah sangat santer akan merilis minimoto mereka yang terdeteksi sebagai Honda MSX 125. Motor ini mirip pendahulunya Honda Monkey hanya saja versi ini mengendong mesin berkapasitas 125 CC.

Kabarnya Motor hanya dibuat dan diproduksi untuk Honda Thailand saja. Mungkin MSX125 (TH) yang mengusung Genre Mini Moto ini disiapkan sebagai Kompetitor serius Kawasaki KSR 110. Situs-situs forum motor di Thailand menyebutkan Honda MSX 125 ini akan dirilis pada tanggal 9 Januari 2013. Kalau dilihat dari penampakannya sih lampu depan hingga stang sangat mirip dengan Honda Zoomer X.

Menurut bocoran Spesifikasi UnOfficial menyebutkan bahwa MSX125 akan mengusung mesin 125 cc PGM FI step 4, kopling manual tipe basah, suspensi depan Upside down, suspensi belakang monoshok, rem cakram depan dan belakang. Yang bikin penasaran mesin si MSX 125 ini  pakai Supra X 125 kali ya?? Ban depan dan belakang memakai ring 12, berpendingin udara, knalpot under tail. Semoga bermanfaat.

Merawat Motor Kawasaki Ninja

Motor Kawasaki boleh dibilang idola banyak pengendara motor Indonesia. Cara merawat motor Kawasaki Ninja pun sering didiskusikan dalam club atau perkumpulan khusus para pemilik motor berbadan besar ini.
Perawatan tentu merupakan sebuah kewajiban agar performa kendaraan tetap baik dan mencegah beragam masalah sewaktu perjalanan. Seperti apa perawatan yang tepat untuk motor Kawasaki Ninja? Berikut tipsnya:

1. Radiator: Ceklah kondisi air dalam radiator dan tabung cadangan air radiator secara periodik. Tambahkan air radiatornya bila terlihat berkurang, jangan membiarkannya kosong. Bila kosong, periksalah apakah terjadi kebocoran pada selang jalan air.

2. Oli Mesin: Setiap 1.000 km sebaiknya oli diganti untuk mempertahankan performa mesin.

3. Karburator: Secara teratur, bersihkanlah karburator motor agar tidak terjadi penumpukan kerak. Motor bisa tidak nyaman dikendarai bila karburator penuh dengan kerak.

4. Ban dan tekanan angin: Pastikan ban layak jalan, tidak botak. Kebotakan pada ban bisa mengancam keselamatan pengendara. Sesuaikan pula angin yang dibutuhkan.

5. Gir dan rantai: Cek kondisi gir depan dan belakang apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Sesuaikan pula jarak dan medan yang akan dilalui. Lakukan penggantian gir jika terasa sudah habis limit atau telah tajam. Rantai juga harus pas, tidak terlalu kendur atau ketat.

6. Kelistrikan & Kabel-kabel: Berhati-hatilah pada kelistrikan, lihat kembali kabel telah terpasang dengan baik. Bila ada kabel yang lecet dan menyebabkan konsleting, segera mengisolasikan kabel tersebut.

Motor Kawasaki Ninja seperti Ninja 250 R memang merupakan varian desain baru yang lebih gagah. Beberapa fitur utama pun memberikan kenyamanan bagi pengendara. Seperti jok yang rendah, sistem transmisi yang beragam, desain sporty, dan masih banyak lagi.

Sebagai tips tambahan, tetaplah berkendara dengan aman, hindari sambil mendengarkan musik atau menelepon.  Jangan lupa untuk memakai helm dan perlengkapan lainnya agar berkendara tetap safety!

Jumat, 04 Januari 2013

Modifikasi Vario Drag

Modifikasi Vario Racing style, Motor ini salah satu yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Begitu pula bagi anak muda motor ini sangatlah ngetrend. Selain mudah, enak dan nyaman mengendarainya, selain itu motor ini juga cocok bagi keluarga. Berikut daftar harga Modifikasi Vario Racing style dengan barang yang di beli.

    Perkiraan Harga Modif

        Velg : Rp 2 juta
        Ban : Rp 1 juta
        Disc Cakram PSM: Rp 500 ribu
        Oil Cooler: Rp 300 ribu
        Monoshock : Rp 200 ribu
        Knalpot Custom : Rp 500 ribu
        Sepatbor Custom : Rp 1 juta
        Jok : Rp 700 ribu
        Biaya Modif : Rp 2 juta

    

Bagaimana sobat info otomotif, ingin merubah motor vario Anda seperti ini juga. Semoga dapat memberi inspirasi buat Anda tentang Modifikasi Vario Racing style terbaru.

Kamis, 03 Januari 2013

Modifikasi Kijang Innova

Berawal dari kakaknya yang ganti tunggangan, akhirnya Reyhan bisa senyum-senyum sendiri ketika mendapat warisan sebuah Toyota Kijang Innova berkelir hitam. Tak mau berlama-lama hanya dalam tempo seminggu Reyhan langsung memberikan banyak sentuhan pada mainan barunya ini hingga benar-benar sudah jauh dari tampang aslinya.

Meskipun cowok yang bernama lengkap Reyhan Darren Salim ini mengaku bahwa semua ubahan yang dilakukannya masih terbatas karena mobil ini bersifat daily use. Namun faktanya spek yang ia tempelkan pada Inova lansiran 2009 miliknya ini sudah cukup mumpuni untuk disebut spek mobil balap.

Parahnya lagi Reyhan masih terus ngotot bahwa kreasinya ini masih ia golongkan sebagai suatu hal yang masih biasan dan belum terlalu istimewa. Padahal siapapun yang melihat mobil ini pasti bisa kagum mengingat Inova merupakan mobil yang didesain khusus sebagai mobil keluarga namun bisa dirombak menjadi mobil yang bisa bikin satu keluarga geleng-geleng kepala.

Berbicara tentang konsep sebenarnya cowok yang masih duduk di bangku kuliah ini mengaku bahwa kreasi tangan dinginnya ini mengusung gaya totally sporty untuk menghilangkan kesan elegan yang ditunjukkan tampak asli mobil ini sebelumnya.

Copot sana-copot sini, pasang itu-pasang ini juga harus dilakukan berkali-kali untuk benar-benar memberikan tampilan yang tidak pernah memuaskan hasrat Reyhan secara utuh. Awalnya ia sempat memasang BOV dan coilover tein basic damper namun sayangnya hal tersebut tidak dapat bertahan lama karena tidak cocok dengan selera sehingga Reyhan memutuskan untuk menjualnya dan akhirnya cowok yang masih sangat muda ini melirik ke ARC intercooler.

EKSTERIOR

Di sisi eksterior Reyhan melakukan totally wrapping dengan stiker putih untuk menutupi mobilnya yang punya warna asli hitam. Beberapa bagian eksterior dan interior juga dilapis carbon Kevlar untuk membuang jauh-jauh kesan elegannya. Mulai dari mirror cover, door handle dantrunk handle. Di sektor kaki-kaki, Tein-S lowering kit dipilih untuk menggantikan per standar. Alhasil depan lebih rendah 3 jari dan belakang turun 2 jari. Khusus pada pelek sebelumnya pria asal Surabaya ini menggunakan pelek HRE P40 Black Matte R20x8,5 et.45 namun kemudian ia menggantinya dengan pelek 17 inch sehingga tampak lebih ciamik, sayangnya ban sepertinya masih kurang tebal saja.Kemudian custom Grill yang disematkan juga semakin membuat mobil ini cukup mudah dikenali karena tidak semua orang memiliki grill seperti itu.

Modifikasi Shogun 125 Warna Merah Unik


 Modifikasi suzuki shogun 125 dari salah seorang mahasiswa dari pemalang ini yang perlu untuk kita apresiasi karena keunikanya dan sang mahasiswa tersebut menyebut model modifikasi shogun 125 miliknya sebagai model Funky Body. Kayaknya baru mendengar jenis modifikasi motor jenis itu namun yang jelas ini tampak begitu bagus banget.

Modifikasi shogun 125 di mulai dari body bagian belakang memakai part dari sepeda motor honda Vario techno yang di gabungkan dengan Motor Honda blade, unik bukan. Setang dan lampu depan memakai punya honda beat dan honda blade. Jadi seklias motor ini tidak terlihat seperti suzuki shogun 125.Untuk aksesoris suzuki shogun 125 ini menggunakan tachometer autogauge, lanjut ke bawah menuju steering dump Hi-Light berjajar ke bagian centerbone yang dipenuhi oleh oil cooler Cool, sekring digital audio mobil, dan CDI Rextor.

Pada samping kanan dan kiri fairingnya dijejali air filter Koso dan penguat arus XCS. Pemilihan warna cat untuk finshing yang punya motor ini menggunakan warna coklat candy dan untuk menambahkan kesan yang lebih ciamik sedikit di tambah grafis dengan warna hitam.

Berikut data spesifikasi modifikasi Shogun 125 di atas:
SOKBEKER DPN: USD Variasi
SOKBEKER BLK: YSS
SWINGARM: Supertrack
CAKRAM DPN/BLK: Buell Disk
PELEK DPN/BLK: Champ 17"
TROMOL DPN/BLK: DBS Racing
BAN DPN/BLK: Swallow Dragblaster 2.15-17
KEDOK DPN/FAIRING: Honda Blade
BURITAN: Vario Techno
OIL COOLER: Cool
STEERING DUMP: Hi-Light
AIR FILTER: Koso, CAT: Pentagloss
CLEAR: Lesonal

Unik bukan modifikasi suzuki shogun 125 di atas yang menggabungkan antara suzuki shogun 125, motor honda beat,motor honda blade serta motor honda vario techno.

Modifikasi Karisma

Honda Karisma Modifikasi dengan tema racing style Warna putih boleh dibilang paling banyak jadi obrolan di tahun  ini. Honda Karisma keluaran tahun 2005 terlihat lebih elegan dengan tampilannya yang putih bersih paling jadi incaran penyuka aliran mothai sampai street racing yang sekarang lagi booming. Nggak terkecuali buat Rizal yang satu pasukan dengan bendera BKP Custom asal kota Bondowoso ini. selain itu Anda juga bisa melihat tampilan dari hasil modifikasi honda karisma 125 cc yang sederhana.

“Warna ini mudah buat digabung dengan banyak motif dan warna asesonya,” buka penghuni Tlogosari ini. Nggak takut membikin wajah Karisma yang gendut makin melebar, Rizal cuek bebek melapis ulang warna bodinya dnegan warna terang.

Cerdiknya agar tidak nampak kegedean, doi plilih aliran street racing  . So sayap kiri kanan, cover aki dan box barang dilepas semua tertinggal tampilan rangka yang ikutan dilabur kelir putih bersih. Tampilannya jadi lebih ramping dan resik.

Sisi bawah kental aura mothai look yang doyan tampilan ngejreng namun serasi. Rizal memadukan dua lingkar pelek dengan warna yang berbeda, sisi depan bagian tengah dikelir rainbow yang dominan merah dan emas, sedang sisi belakang dominan ungu dan biru.

Makin klop lingkar cakram dipakai ukuran kecil baik sisi depan maupun belakang dengan beda model. Sentuhan akhir lapisan krom dipakai buat menghias kalter mesin dan behel belakang. Cakep banget nih motor fotomodif motor.

Modifikasi Honda Karisma Lipat

Bosan melihat modifikasi sepeda motor bebek dengan model yang kebanyakan ceper dan main aksesoris, Muhammad Tiar Pratama—akrab disapa Tiar—ingin sesuatu yang beda. Akhirnya, pandangan kosong anggota Ceper Motor Club (CMC) Bandung itu menatap sebuah sepeda lipat dan terinspirasi.

”Langsung timbul pertanyaan dalam hati, bisa atau tidak sepeda motor dimodifikasi seperti sepeda lipat? Jika bisa, bakal ekstrem dan terlihat aneh karena Bandung belum ada yang seperti ini. Dan keyakinan saya saat itu sangat kuat hingga akhirnya mencari ide tambahan, termasuk di bengkel modifikasi V-Bell,” kenang Tiar.

Dibantu Budi, pemilik bengkel modifikasi V-Bell, Tiar harus mengonsep desain sepeda motor lipatnya agar tetap aman dan bisa dipakai sebagai tunggangan harian. Rangka asli pun dipotong menjadi tiga bagian. Bagian pertama untuk membuat separo bodi melipat ke kiri, dan potongan kedua membuat kepala sepeda motor bisa mendongak ke atas.

Menurut Budi, kesulitan menciptakan sepeda motor ceper lipat ini adalah membuat penahan pada lekukan yang akan dilipat. Jika penahan ini tidak kuat, maka sambungan akan mudah lepas saat dipakai jalan. “Kalau sepeda biasa kan ringan. Ini sepeda motor yang bobotnya belipat-lipat. Setelah berulang coba-coba akhirnya kami menemukan dudukan yang pas,” terangnya.

Agar mencolok, rangka yang sudah ditelanjangi dicat biru, begitu pula komponen lain seperti penutup rantai, lengan ayun, hingga bagian belakang dan depan sepeda motor lansiran 2005 ini. Pipa gas buang dibikin sendiri dengan bentuk bintang yang bercabang dua.

Tiar pun mengaku sudah merogoh kocek sekitar Rp 1,5 juta dan menghabiskan waktu hampir tiga bulan untuk membangun sepeda motor nyentrik ini.

Booming Lipat-melipat
Sepeda motor lipat memang sedang dikilik oleh modifikator karena booming-nya sepeda lipat. Sebelumnya, di Yogyakarta, juga sudah pernah tampil  dalam ajang "Jogja Bike n Drive Week", November tahun lalu. Saat itu dipajang Honda Supra X yang sudah lipat-lipat meski tak diketahui siapa pemiliknya.

Diyakini, tak hanya di Yogya dan Bandung, sepeda motor lipat akan semakin banyak dibuat sebagai tren modifikasi. Kendalanya hanya satu, unsur keselamatan yang belum ada ukuran pas untuk sebuah lipatan sasis yang menyangga beban mesin dan bodi yang sangat berat.

Konsep sepeda motor lipat juga sudah dipikirkan pabrikan kendaraan di Jepang. Honda mengenalkan Motor Compo di Tokyo Motor Show tahun lalu. Sepeda motor bertenaga listrik dari baterai 100 volt itu bisa dilipat di bagian setang yang membuatnya menjadi sangat ringkas dan bisa dimasukkan di bagasi mobil sedan.

Berbagai sepeda motor konsep juga sudah banyak yang mengadopsi teknik lipat-melipat. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah konsep sepeda motor lipat yang banyak dipamerkan sangat menjunjung sisi keselamatan, termasuk mengurangi berat dengan membuat sepeda motor lipat berdimensi mini.

Modifikasi Terbaru Honda Megapro

Dunia modifikasi memang tidak pernh ada habisnya. Bukan hanya motor yang memang sudah keren sejak di luncurkan dari pabrikan, tapi motor yang biasa saja pun ikut digarap untuk membuktikan level kreativitas dalam hal modifikasi.

Kita tentu tau dan memang ga munafik kalo yang namanya motor Honda Megapro memiliki design body yang sedikit kaku. Jika di bandingkan dengan saudaranya Honda Tiger makan hal ini akan terlihat jelas.

Sejak pertama kali di keluarkan memang tak sedikit yang kurang optimis kalau motor megapro akan banyak digandrungi di ajang modifikasi. Tapi eitsh.. Tidak demikian dengan para modifikator Indonesia. Banyak modifikator justru memilih motor megapro sebagai motor yang ingin di modifikasi agar berubah total dari kesan body kaku nya, karena jika berhasil memodifikasi hingga tampilannya menarik dan berubah drastis dari tampilan standart, maka tentu saja modifikasi motor megapro akan menjadi nilai plus untuk membuktikan tingkat kreativitas seorang modifikator.

Modifikasi Terbaru Yamaha Mio Soul

Berawal dari sebuah keinginan yang sangat sederhana yakni : “warna cerah untuk sang motor kesayangan” maka Donny Anwar yang memiliki Yamaha Mio Soul sebagai tunggangannya memutuskan untuk menemui Jail Autobodyworks Modification (JAM) sebagai jalan untuk menempuh tujuannya tersebut.

Modif-Yamaha-Soul-Donny-Anwar Tidak ada kriteria khusus mengenai desain yang harus dibenamkan pada motor matic milik Donny tersebut. Hal ini tentu saja semakin mempermudah tugas JAM dalam melakukan perombakan yang dititik-beratkan pada konsep airbrush bodi dengan warna yang segar dan cerah namun tidak terkesan pasaran.

Tidak perlu terlalu jauh mencari inspirasi, rumah modifikasi Jail Autobodyworks yang saat ini bermarkas di Jl. Raya Caman No. 7, Jatibening, Bekasi tersebut justru mendapat ide dari trend yang saat ini tengah hot yakni trend rainbow cake yang kemudian diaplikasikan ke desain Mio Soul milik Donny.

Meskipun Jail Autobodyworks sendiri mengaku bahwa mereka tidak terlalu sering mendapat garapan untuk memodifikasi Yamaha Mio Soul namun aksi mereka untuk tunggangan milik Donny ini terbilang bukan hal sepele mengingat mereka mengerjakannya secara total. Terlihat dari begitu banyaknya variasi yang disematkan guna memberikan gaya yang super meriah.

Selain memberikan tampilan meriah dari segi desain bodi, di sektor kaki-kaki pelek standar juga dipensiunkan dan diganti dengan pelek variasi merek Takasago yang punya dimensi 2,25 x 14 buat depan dan 2,5 x 14 buat belakang.

Agar pacuan makin galak, ruang bakar dibikin buncit dengan memasang blok Kawahara yang dikombinasi piston yang sudah gambot. Diimbangi suplai gas bakar pakai karburator Mikuni TM 28 dengan desain skep kotak membuat pacuan jadi ganas saat dibetot. Bukannya apa-apa, hal ini sengaja dikerjakan sesuai dengan pesanan Donny yang memang ingin agar motornya juga didukung dengan performa yang buas.

Bore Up Honda BeAT 130cc

Lagi iseng-iseng buka Facebook, P2R dapet invite dari teman. Isinya tentang promosi bengkel Ultraspeed yang lagi bikin promo bore up murah untuk Honda BeAT series. Cukup menarik, sebab bengkel di kawasan Ciledug ini cuma pasang tarif Rp 850 ribu sudah bisa bikin kapasitas mesin BeAT melar menjadi 130 cc.

Harganya lumayan murah, soalnya enggak ngerusak blok bawaan. Paket Rp 850 ribu ini terdiri dari blok + piston + ring + paking 54,5 mm, jasa porting polish, bongkar pasang dan jetting karbu. Buat ukuran terima jadi tergolong murah bukan.

Oh ya, paket ini enggak cuma berlaku buat Honda BeAT tapi juga bisa buat Scoopy. Soalnya  skutik entry level ini punya basis mesin yang sama. Keliatan dari kapasitas mesin dan bore x stroke yang sama plek.