Selasa, 08 Januari 2013

Tips Mengendarai Untuk Mobil Matic Bagi Pemula

Jika anda baru membeli mobil matic dan tidak tahu atau belum mengenal tipe mobil seperti ini maka ada baiknya anda baca tips di bawah ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama masa pemakaian.

Sebelum memakai mobil matic anda perlu tahu tentang bahan bakar yang dianjurkan untuk mobil jenis ini karena beberapa mobil keluaran terbaru seperti mobil Toyota Yaris telah menggunakan catalitic conventer (perangkat emisi tambahan). Untuk itu anda perlu menggunakan bahan bakar yang beroktan di atas 91 dan tanpa timbal, anda hanya akan mendapatkan jenis tersebut jika anda menggunakan pertamax atau pertamax plus. Selanjutnya anda bisa baca tips dibawah ini untuk masalah mengemudi.

1. Pahami pengunaan mobil matic

Bagi pengemudi pemula sangat penting untuk memahami sistem dari mobil matic ini supaya tidak salah dalam hal mengemudi, terutama urutan serta posisi dari tuas transmisinya. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam mengoprasikannya, cobalah untuk menghapal sampai diluar pikiran.

2. Jauhkan kaki kiri dengan pedal rem.

Hal ini bertujuan untuk menghindari gerakan spontan menginjak rem oleh kaki kiri kita saat rpm mobil sedang naik. Kejadian ini biasanya terjadi pada pengemudi yang terbiasa dengan jenis transmisi manual dan baru saja pindah ke mobil transmisi otomatis karena terbiasa menekan pedal kopling dengan kaki kiri sedangkan pada mobil matic hanya ada pedal rem dan gas.

3. Injak rem terlebih dahulu

Penting untuk diingat bahwa jika anda ingin memindahkan posisi tuas transmisi ke “D” maka anda harus membiasakan diri anda untuk menginjak rem terlebih dahulu. Ini berguna supaya mobil anda tidak melaju sendiri.

4. Pindahkan tuas transmisi ke posisi netral saat jalanan macet.

Pindahkan tuas transmisi pada posisi netral saat terjebak kemacetan atau berhenti di lampu merah dengan waktu berhenti kurang lebih 10-20 detik. Tentu anda tidak asing dengan hal ini karena anda mungkin sering melakukannya saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

5. Pindahkan tuas transmisi pada posisi L atau 2 saat di jalan penuh tanjakan

Jika anda mengemudi mobil matic di jalan yang penuh dengan tanjakan maka anda perlu memindahkan posisi tuas transmisi ke posisi L atau 2. L adalah Low yang berarti sama dengan gigi pertama sementara 2 sama dengan gigi ke-2.

Dua gigi transmisi akan bermindah antara gigi kesatu dan kedua secara otomastis saat anda mengambil pilihan tersebut. Anda juga bisa menggunakan fitur in sebagai engine brake untuk mengurangi kecepatan pada saat mobil melaju kencang atau pada saat jalanan turun.

6. Throttle sensor

Throttle sensor adalah fitur khusus yang akan mendeteksi seberapa besar injakan anda pada pedal gas. Maka dari itu anda perlu mengetahui bahwa injakan kaki anda pada pedal gas sangat mempengaruhi perpindahan gigi mobil, tentu sesuai dengan rpm mesin mobilnya.

7. Pahami fungsi dari tombol hold

Biasanya beberapa mobil matik mempunyai tombol kecil yang bertuliskan bold dan jika tombol itu di tekan maka akan muncul tulisan O/D berwarna kuning pada layar speedometer. Tombol tersebut berguna untuk penguncian posisi gigi dan akan mengunci gigi di posisi 2 dan 3. Maka dari itu anda dapat menggunakan tombol ini pada saat posisi tuas sedang berada di “D”. Fitur ini dapat membantu kendaraan untuk hemat BBM saat pemakaian di dalam kota.

3 komentar:

  1. Sebagai rasa terima kasih kami kepada pelanggan/calon pelanggan, maka mulai tahun ini kami kembali mengadakan promo “Bagi-bagi Notebook Tanpa Diundi“.

    Para pelanggan bisa mendapatkan hadiah berupa notebook, blackberry, handphone, ipod nano, flashdisk, dan bermacam-macah hadiah lainnya yang akan diberikan langsung setiap pembelian produk dengan paket dan harga produk sesuai yang telah kami tentukan minimal pembelian Rp50 ribu rupiah saja.


    Berikut hadiah langsung yang bisa didapatkan oleh para pelanggan

    - Kaos Keren



    - Flashdisk 4 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 8 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 4 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 8 Gb KINGSTON



    - HP NOKIA 1209



    - Flashdisk 8 Gb KINGSTON



    - HP NOKIA 1209



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - HP NOKIA 1209



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - HP Qwerty IMO B720



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - HP Qwerty IMO B720



    - APPLE Ipod Nano



    - HP Qwerty IMO B720



    - HP NOKIA E63



    - BLACKBERRY Curve



    - HP NOKIA E63



    - Netbook ACER Aspire One



    - Notebook ACER Aspire 4740



    - BLACKBERRY Curve



    - Notebook ACER Aspire 4740



    - TOSHIBA Satellite L510























































































































































































    Buruan sebelum promo berakhir!
    JANGAN LUPA ..... DIBAWAH INI UTK MENDPTKAN LEPTOP/NOTEBOOK GRATIS
    >>> MAU DONG? >>>

    BalasHapus