Kamis, 10 Januari 2013

Modifikasi Terbaru Honda Jazz “Future Honda” ala Signal Kustom

Salah satu finalis yang berhasil lolos untuk mengikuti babak seleksi di ajang Honda Jazz Tuning Contest VIII yang berlangsung di Central Park adalah rumah modifikasi asal Bandung – Signal Kustom. Hadir dengan sebuah gebrakan mempesona dengan sebuah Honda Jazz  yang telah dimodifikasi total dan lama pengerjaannya memakan waktu hampir sekitar 1 tahun. Sangat jelas bahwa proyek yang dilakukan oleh Signal Kustom kali ini bukanlah main-main.

Mobil yang diusung oleh Signal Kustom ini akan berhadapan dengan 24 mobil modifikasi lainnya yang tidak kalah keren. Jadi agar bisa menyaingi rivalnya tersebut Signal Kustom mengusung konsep ”Future Honda” dengan harapan agar mobil ini dapat dirombak habis dengan kreatifitas yang ada tanpa perlu memikirkan batasan-batasan yang biasanya selalu ada pada mobil modifikasi berkonsep racing atau elegan.

Bisa dikatakan bahwa konsep yang diusung pada Honda Jazz platform GE-8 ini adalah satu tematik khusus yang diterapkan dengan sentuhan futuristis serta eksotis yang dituangkan dalam satu semangat  New Honda Jazz ‘Raising The Bar, again’.

Guna memperkuat konsep yang telah ditentukan, sejumlah ubahan meliputi sektor eksterior, interior hingga mesin dilakukan, disamping itu pula Signal Kustom mengandeng beberapa sponsor seperti Pioneer, AlterPro, Autovision, Automobile Bandung, Meguairs, Checkpoint dan Wollsdrof Leather & Edelweiss Syn Leather.

EKSTERIOR

Modifikasi-Jazz-Future-Honda-ala-Signal-Kustom

Ubahan pertama merujuk ke sektor eksterior, debalut dengan warna biru cukup sulit sepertinya untuk menemukan wujud asli Honda Jazz. Namun yang paling ekstrem dilakukan oleh Signal Kustom, ‘hanya’ pada pemotongan atap (choptop) sebanyak 25 cm agar serasi sebagai sebuah kendaraan yang telah disulap menjadi hatchback dua pintu.

Pada bagian body, seperti biasa Signal Kustom tidak mau menggunakan tehnik cutting sticker untuk menghias eksterior kreasi modifikasinya. mereka lebih memilih tehnik air brush yang penggarapannya diserahkan kepada Tomi Airbrush. Warna Jazz ini untuk pengerjaannya membutuh waktu 6 sampai 7 bulan lamanya mulai dari proses design hingga tahap pengecatan dan finishing. Pengecatan dilakukan dengan menggunakan teknik graphic dengan free hand, untuk menyesuaikan tema Futuristic maka diaplikasikan warna dasar silver lalu dipadu dengan Candy blue ditambah permainan teknik gradasi, teknik graphic layer demi layer untuk mendapatkan effect 3d pada bagian electro, serta sentuhan 3d free hand pada setiap detailnya dilabur dengan multilayer Sikkens High Solid sebanyak 12layer lapisan pada dua kali tahap pemanasan untuk effect super wet. Untuk finishing-nya setelah proses pengecatan selesai, tugas untuk membuat kendaraan lebih berkilau diberikan kepada Checkpoint Meguiars.

Pada sektor lampu bagian luar memang sengaja digarap khusus dengan megaplikasikan bagian headlamp All New Honda Jazz serta guna menunjang detail maka finishing pada bagian dalam reflector menggunakan carbon fiber, Projector Autovision bixenon double angel eyes terbaru digunakan dan terbukti cukup ampuh mendongkrak tampilan headlights Honda Jazz modifikasi ini, Autovision pun menambahkan beberapa fitur pendukung keselamatan berkendara, diantara DRL yang dipesan khusus untuk mobil ini, serta amber sein coluring.

Tak ketinggalan pemasangan aksesoris dibagian luar seperti futuristic carbon side mirror, carbon antenna, custom hood, ductail, carbon trunk, keyless immobilizer with wifi access, metal stainless, silver gun mettalic,  FH lemblem, serta carbon garnish, titanium muffler bertujuan untuk menegaskan serta penguatan karakter Futuristic Exotic.

Lihat juga fitur wifi access untuk membuka pintu via Ipad/Iphone serta system locking pintu via gadget merupakan sector pendukung keamanan dan fungsi tambahan dari mobil ini. Projector underlogo merupakan salah satu fitur estetika tambahan pada bagian eksterior dimana apabila pintu dibuka maka akan muncul logo tertentu pada bagian lantai dimana pintu tersebut dibuka. Brakes Logo mirror merupakan fitur tambahan yang juga berfungsi sebagai saran promosi karena dapat menampilkan suatu tulisan tertentu yang dapat dilihat ketika kita menginjak pedal rem maupun menarik rem tangan, sehingga driver yang persis di belakang kendaraan dapat melihat tulisan yang ingin kita sampaikan pada jalan di depannya.

Di sektor kaki-kakinya mobil ini menggunakan pelek Work S1R 18×9,5 ET 11 dan Work S1R ET-10 yang dipasok oleh Alterpro dan JAP Wheel. Pelek S1R model dan type ini merupakan pelek debut yang pertama kali dipasang dan digunakan di Indonesia. Coil Over Tein Super Street damper diaplikasikan pada keempat roda untuk menunjang kinerja optimal pada keempat sisi kaki-kaki dan menghasilkan manuver sempurna pada berbagai medan putaran.

Undercarriage juga tidak luput dari sentuhan estetika, pada bagian kolong tersebut seluruh bagian dalam spakbor dicat menggunakan candy tone biru, serta aplikasi red carbon Kevlar pada bagian undertank mobil tersebut untuk melindungi bagian tanki mobil.

Modifikasi-Jazz-futuristik-signal-kustom

INTERIOR

Masuk ke dalam kabin kita dapat melihat bahwa bagian ini digarap dengan fokus pada tema serta kualitas pengerjaan terbaik. Modifikasi pada bagian pillar A,B,C, bagian plafon, door panel, dan beberapa panel lainnya dibuat menyesuaikan konversi pada atap dan pintu. Untuk melapisi interiornya Signal Kustom menggunakan produk kulit jenis Nappa dari Austria berlabel Wollsdorf yang biasa digunakan untuk pelapis interior mobil sekelas Bentley, Aston Martin, hingga Ferrari, serta pelapis kulit sintetis Edelweiss.Khusus untuk mengurus bagian interior ini pihak Signal mendapat bantuan dari tim yang ditugaskan oleh Alterpro selaku sponsor.

Tema futuristik juga diperkuat oleh sistem pencahayaan yang menawan. Kalau untuk urusan yang satu ini seluruhnya ditangani oleh tim Autovision lewat produk utama lampu double angel eyes HID projector dan beberapa produk unggulan berteknologi LED yang dikemas secara rapi tanpa memberikan kesan norak atau berlebihan.

Interior-Honda-Jazz-Signal-Kustom

Memang harus diakui bahwa modifikasi Honda Jazz karya Signal Kustom dijejali oleh segudang gadget berteknologi IT terkini untuk semakin memperkuat kesan futuristiknya. Di dalamnya terdapat teknolgi wireless gabungan dari beberapa gadget yang sifatnya membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, lebih cepat dan efisien dengan bantuan teknologi seperti:

- I-Teleport untuk menarik data, manambah data bahkan membuat print out data di mobil dari data di komputer yang ada di rumah maupun kantor.

- Nirkabel Portable A4 Printer, merupakan printer portabel berbasis Bluetooth.

- Zero Ink Foto Printer, merupakan teknologi printer mini tanpa tinta

- I-Faximile untuk melakukan pengiriman data fax apabila diperlukan di dalam mobil.

- Solar panel Charger, charger bertenaga surya sebagai sumber daya pada IT Mobile Station.

Di sisi audio, Signal Kustom kembali menggaet Pioneer. Karakter dan teknologi produknya dianggap sangat sesuai dengan tema futuristis melalui Head Unit Head Unit AVH-8450BT karena memiliki fitur high tech seperti : Virtual Dashboard, Radio Sattelite, Internet Browser, GPS via Google Map, Organizer Virtual dan MIXTRAX yang dikoneksikan dari aplikasi APP RADIO.

DAPUR PACU

Jangan kaget kalau anda mengintip kebalk kap mesin mobil ini. Lewat tangan dingin Erwin Abban yang melakukan blueprint plus kepiawaian Mantap Engine Tuner, mesin yang awalnya hanya bisa memasok daya di kisaran 120 hp, kini bisa menembus angka 181,1 hp yang diukur dari roda. Bukan sekedar teori, angka ini diketahui setelah dilakukan dyno test di KS Nusa. Bahkan menurut Ovi selaku dyno operator di KS Nusa, ini adalah angka dyno tertinggi yang pernah dibuat Honda Jazz matic.

Hal tersebut didapat berkat penambahan perangkat forced induction berupa turbocharger lansiran HKS yang dikontrol oleh Haltech boost controller yang mengatur hembusan turbo pada tekanan 1 bar plus pendingin aliran udara intercooler. Tidak ketinggalan untuk mengimbangi tenaganya maka perangkat pengendali dan penahan laju kendaraan diserahkan pada produk rem AP Racing.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah : Habis berapa duit tuh om? Dengan total 40 orang yang terlibat dalam pengerjaan mobil ini tim Signal Kustom menyatakan bahwa meraka harus menghabiskan dana sebesar Rp. 600 juta diluar harga mobil. Artinya jika harga New Jazz RS A/T di pasar senilai Rp. 225 juta, maka harga mobil itu mencapai Rp. 825 juta.

1 komentar: